Home » » Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat

Written By @Portalindo_ on Jumat, 24 April 2015 | 10.29


- Tag

Manfaat lain yang diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah  Bin Mughaffal disebutkan bahwa Rumah yang dibacakan surah al-Khafi dan al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’atnya.  .

Imam Al-Syafi’i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat Al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum’at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya (Al-Umm, Imam al-Syafi’i: 1/237).

Mengenai hal ini, Al-Hafidzh Ibnul Hajar rahimahullah mengungkapkan dalam Amali-nya :Demikian riwayat-riwayat yang ada menggunakan kata “hari” atau “malam” Jum’at. Maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud “hari” termasuk malamnya. Demikian pula sebaliknya “malam” adalah malam Jum’at dan siangnya.

DR. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menyebutkan bahwa diantara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi berdasarkan hadist diatas. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah.

Demikianlah Manfaat dan Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi pada Hari Jumat. Betapa banyak orang lalai dari amalan yang satu ini dan memilih mengerjakan tindakan yang merugi. Semoga kita yang mengetahui dapat mengalamkan, serta mencintai seluruh surat-surat Al-Quran yang memiliki keutamaan dan masnfaat masing-masing. Terimakasih sudah membaca.
Bagikan Gratis di :
share on facebook twitt this on twitter
 
Copyright @2015